Thailand Ajukan Tawaran Jadi Tuan Rumah Piala AFF 2021 dengan Syarat Khusus

Thailand Ajukan Tawaran Jadi Tuan Rumah Piala AFF 2021 dengan Syarat Khusus – Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) telah menyatakan kesediaan untuk menjadi tuan rumah penyelengaraan Piala AFF 2021. Turnamen sepak bola bergengsi antar negara di Asia Tenggara (ASEAN) yang sempat tertunda akhirnya dipastikan bergulir tahun ini. AFF selaku penyelenggara memastikan bahwa Piala AFF akan berlangsung pada 5 Desember 2021 mendatang.

Meski dipastikan berlangsung sesuai jadwal, namun Piala AFF edisi kali ini mengalami perubahan format. Untuk menyesuaikan situasi akibat COVID-19, AFF menginginkan setidaknya 2 negara menjadi tuan rumah untuk menggelar dua grup penyisihan. Babak semifinal dan final tidak akan berlangsung dalam bentuk kandang-tandang, tetapi sistem gugur satu leg di negara yang dipilih. Setelah sekitar setengah bulan, tidak ada negara yang berbicara, baru-baru ini, Federasi Sepak Bola Thailand mengonfirmasi bahwa mereka siap menjadi tuan rumah.

Akan tetapi, FAT memiliki satu syarat khusus apabila terpilih menjadi tuan rumah Piala AFF. FAT menyatakan Thailand siap menjadi tuan rumah dengan syarat harus menjadi tuan rumah tunggal atau satu-satunya. Artinya, seluruh pertandingan mulai dari babak penyisihan grup hingga partai final harus digelar di Negeri Gajah Putih. Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal FAT, Patit Suphaphong.

Permintaan menjadi satu-satunya tuan rumah tak terlepas dari keinginan mereka untuk mengurangi masa karantina pemain. Dengan demkian, klub-klub Liga Thailand berpeluang mengizinkan pemainnya membela tim nasional. Sebab, dikhawatirkan pemanggilan pemain akan mempengaruhi perfoma tim ketika Liga Thailand nanti dimulai.

Apalagi Piala AFF tidak masuk kalender FIFA musim ini, maka klub berhak untuk tidak melepas pemainnya. “Memotong masa karantina 14 hari untuk pemain akan menjadi kondisi yang baik bagi klub untuk melepaskan orang untuk tim nasional, membantu tim memiliki kekuatan terbaik,” tuturnya. Thailand berani mengajukan diri karena keberhasilan mereka menjadi tuan rumah pertandingan Liga Champions AFC.

Terlebih, Thailand juga memiliki banyak lapangan sepak bola berstandar internasional. AFF telah mengelompokkan unggulan berdasarkan performa dari tiga turnamen terakhir. Juara bertahan Vietnam berada di peringkat satu grup unggulan bersama Thailand. Artinya, kedua tim di atas hanya akan bisa bertemu di babak sistem gugur.

Grup unggulan kedua terdiri dari runner-up bertahan Malaysia dan Indonesia. Grup unggulan ketiga adalah Filipina dan Myanmar. Grup unggulan keempat memiliki Singapura dan Kamboja. Timor Leste dan Brunei berada di grup terakhir. Pengundian Grup Piala AFF akan dilakukan pada 10 Agustus 2021.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*