Mancini Ganti Kiper Utama Timnas Italia di Menit 89, ini Alasannya!

Mancini Ganti Kiper Utama Timnas Italia di Menit 89, ini Alasannya! – Di Euro 2020, pelatih timnas Italia, Roberto Mancini, melakukan pergantian tidak biasa dengan menarik keluar kiper utama Gianluigi Donnarumma pada menit ke-89, apa alasannya? Roberto Mancini sukses memandu timnas Italia lolos ke babak 16 besar Euro 2020 sebagai juara Grup A. Gli Azzurri memastikannya setelah menaklukkan Wales 1-0 dalam pertandingan penutup grup di Olimpico, Roma, Minggu (20/6/2021). Pencetak gol tunggal Italia adalah Matteo Pessina pada menit ke-39.

Sudah dipastikan maju ke fase gugur sejak matchday 2, Mancini memang memanfaatkan partai ini sebagai momen merotasi skuad. Mantan pelatih Inter Milan dan Manchester City itu melakukan permutasi masif dengan hanya mempertahankan tiga pemain dari susunan starter dua partai awal. Ketiga personel tersebut adalah Gianluigi Donnarumma, Leonardo Bonucci, dan Jorginho. Sisanya, Mancini memberikan jatah sebelas awal kepada Rafael Toloi, Alessandro Bastoni, Emerson, Pessina, Andrea Belotti, Federico Chiesa, Federico Bernardeschi, dan gelandang andalan yang baru pulih, Marco Verratti.

Menjelang Pertandingan berakhir, tepatnya menit ke-89, sang pelatih melakukan substitusi yang tidak biasa. Gianluigi Donnarumma dan Salvatore Sirigu berpelukan dalam pertandingan Italia vs Wales di Grup A Euro 2020. Gianluigi Donnarumma dan Salvatore Sirigu berpelukan dalam pertandingan Italia vs Wales di Grup A Euro 2020. Dia menarik keluar Donnarumma untuk digantikan Salvatore Sirigu, kiper pelapis yang mencicipi menit pertamanya di Piala Eropa 2020.

Sirigu, yang berusia 12 tahun lebih tua dari Donnarumma, kebagian jatah mengawal mistar di lima menit penghabisan. Bukan karena cedera, ataupun penampilan yang jeblok. Walaupun singkat, keputusan Mancini menurunkan Sirigu guna menggantikan Donnarumma banyak yang menilainya gestur positif dan penuh respek. Mancini memang ingin anak buahnya diberi kesempatan merata buat merasakan atmosfer pertandingan sekelas Piala Eropa. Pertandingan tersebut hadir di pertandingan penutup fase grup ketika Italia sudah dipastikan lolos dan berada dalam posisi aman karena unggul 1-0 atas Wales.

Dengan demikian, dari 26 pemain yang dibawa ke Piala Eropa 2020, hanya satu anggota skuad Gli Azzurri yang belum dapat jatah tampil. Dia adalah kiper ketiga, Alex Meret. Di luar rasa keadilannya untuk para pemain, diduga ada alasan lain kenapa Mancini berani memasukkan Sirigu kendati sebatas kameo. Mantan pemain serang berusia 56 tahun ini termasuk pesepak bola genius dan bintang di negaranya. Namun, kesempatan Mancini pamer kehebatan di timnas Italia tidak banyak. Di Piala Dunia 1990, legenda Sampdoria ini masuk skuad Gli Azzurri, tetapi tidak diturunkan satu menit pun.

Dia kalah bersaing dari Roberto Baggio, Gianluca Vialli, Aldo Serena, hingga si bintang dadakan, Salvatore Schillaci. Mancini mengenang kejadian tersebut sebagai salah satu penyesalan terbesar dalam kariernya. Dia tidak mau anak buahnya mengalami hal sama, sehingga memberi mereka kesempatan sama besar untuk membela tim nasional. Setelah membawa timnas Italia lolos ke babak 16 besar, Mancini dan pasukan bakal menghadapi tim runner-up dari Grup C.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*