Peringatan Dini Tsunami dan Gempa Magnitudo 8,5

 Peringatan Dini Tsunami dan Gempa Magnitudo 8,5 –  Simak Penjelasan BMKG Warganet tengah dihebohkan dengan adanya pesan singkat atau SMS dari KominfoBMKG yang menyebut adanya peringatan dini tsunami dan gempa berkekuatan 8,5 pada Kamis (27/5/2021) sekitar pukul 10.00 WIB. Disebutkan bahwa wilayah yang berpotensi mengalami tsunami dan terasa gempa magnitudo 8,5 yakni Jawa Tmur, NTB, Bali, NTT, dan Jawa Tengah. Tidak hanya itu, dalam pesan juga dijelaskan bahwa tsunami dan gempa bakal terjadi pada 4 Juni 2021. Berikut bunyi pesan tersebut: “Peringatan Dini Tsunami di JATIM NTB BALI NTT JATENG Gempa Mag:8.5 04-Jun-21 10:14:45WIB Lok:10.50LS 114.80BT Kdlmn:10Km::BMKG”.

Beberapa warganet yang menerima SMS tersebut mengaku kaget dan langsung menanyakan kebenaran dari SMS itu ke media sosial.
. Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengungkapkan bahwa informasi yang beredar dalam pesan yang diterima masyarakat adalah tidak benar. “Secara ofisial BMKG tidak mengeluarkan peringatan dini tsunami. Permasalahan sedang diinvestigasi,” ujar Daryono. Dia menjelaskan, Pusat Gempa Nasional/InaTEWS BMKG Jakarta saat ini dalam kondisi aman. “Masalah ini sedang kita investigasi,” kata dia.

Terkait informasi peringatan dini yang sudah merebak di media sosial, Daryono mengimbau kepada masyarakat untuk tetap tenang.
Berdasarkan hasil monitoring BMKG, tidak sedang terjadi gempa magnitudo 8,5 di wilayah Indonesia. Ini Kata Ahli IT Saat ini, pihaknya bersama Kominfo sedang melakukan penelusuran dan investigasi lebih mendalam terhadap penyebab kesalahan sistem SMS hingga tersebar informasi gempa berpotensi tsunami. “Informasi yang tersebar tersebut juga bukan merupakan prediksi gempa yang akan terjadi dalam waktu dekat,” katanya lagi. Menurutnya, hingga saat ini belum ada satu pun teknologi di dunia yang mampu memprediksi dengan tepat dan akurat kapan, di mana, dan berapa besar kekuatan gempa akan terjadi.

Kendati demikian, masyarakat diminta untuk tetap meng-update informasi BMKG melalui saluran resmi seperti website, saluran komunikasi infobmkg berbasis media sosial, Call Center 196 maupun kantor BMKG terdekat. Ini Wilayah yang Masuk Klasifikasi Ring 1 Kesalahan informasi Sementara itu, Informasi yang tersebar melalui pesan singkat terkait peringatan dini tsunami dan gempa berkekuatan 8,5 magnitudo tersebut adalah tidak benar. BMKG mengklaim pihaknya bersama Kominfo telah merespons secara cepat dengan melakukan klarifikasi terhadap sistem pengirim informasi yang salah tersebut, melalui saluran/kanal komunikasi yang sama, SMS BMKG-Kominfo. Masyarakat pun diimbau agar tetap tenang. karena berdasarkan hasil monitoring BMKG, saat ini tidak terjadi gempa berkekuatan M8,5 di wilayah Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*