Mengenal Vaksin Sinopharm dan CanSino Dalam Program Vaksinasi Gotong Royon

Mengenal Vaksin Sinopharm dan CanSino Dalam Program Vaksinasi Gotong Royong – Program vaksinasi mandiri atau gotong royong yang digagas oleh pihak swasta dimulai pada hari ini, Selasa (18/5/2021). Rencananya, ada dua vaksin Covid-19 yang akan digunakan dalam vaksinasi gotong royong. Saat dikonfirmasi, Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir mengatakan, selain Sinopharm, satu vaksin lainnya adalah CanSino. “Rencana ada vaksin CanSino juga,” kata Honesti. Vaksinasi gotong royong merupakan pelaksanaan vaksinasi kepada karyawan/karyawati, keluarga, dan individu lain dalam keluarga yang pendanaannya dibebankan pada badan hukum atau badan usaha. Penerima vaksin tidak dipungut bayaran atau gratis, karena pembiayaannya oleh perusahaan. Selengkapnya mengenai profil vaksin Sinopharm dan CanSino sebagai berikut:

Sinopharm
Jenis vaksin sinopharm adalah inativated vaccine yang disebut SARS-COV-2 Vaccine (Vero cell). Vaksin jenis inimenggunakan partikel virus yang dimatikan untuk mengekspos Ssistem kekebalanterhadap virus, tanpa mengambil resiko respons penyakit serius. Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menyatakan vaksin sinopharm aman digunakan dan telah memiliki izin penggunaan darurat. Kepala BPOM Penny K menyebutkan, kejadian ikutan pasca – imunisasi dari pengguna sinopharm bersifat ringan, seperti bengkak ,kemerahan,sakit kepala ,diare,nyeri otot, atau batuk. OrganisasiKesehatan Dunia (WHO) merekomendasikan pemberian vaksin kepada orang dewasa berusia 18 tahun keatas. Pemberiannyadalam dua dosis suntikan,selang waktu dosis pertama dan kedua disarankan tiga atau empat minggu.

CanSino
Vaksin Cansino Biologics, China juga akan digunakan untuk mencukupi kebutuhan Vaksinasi Gotong Royong. Pemerintah menyiapkan sebanyak 5 juta dosis vaksin Cansino. Vaksinasi Cansino Biologics inc itu menjadi yang pertama kali diberikan hak paten oleh Pemerintah China pada 11 agustus 2020. Vaksin Cansino hanya perlu diberikan dalam 1 kali penyuntikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*