3 Cara Kompres untuk Meredakan Mata Merah

3 Cara Kompres untuk Meredakan Mata Merah – Mata merah bisa disebabkan oleh banyak hal. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan metode kompres mata. Mata merah biasanya terjadi jika debu atau partikel bebas yang masuk ke dalam mata sudah menimbulkan infeksi. Jika infeksi atau iritasi yang terjadi dalam derajat cukup ringan, maka mata merah bisa sembuh dalam hitungan menit atau jam saja.

Jika Anda merasa sangat terganggu dan ingin meredakan mata merah secepatnya, Anda bisa menggunakan cara-cara alami tanpa bantuan obat tetes mata sama sekali. Baca juga: Sering Menatap Layar Laptop, Ini 6 Cara Menjaga Kesehatan Mata Metode kompres untuk meredakan mata merah Untuk meredakan mata merah, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut:

1. Kompres air hangat
Dilansir dari Healthline, pertolongan pertama untuk mengatasi mata merah adalah dengan cara mengompresnya dengan air hangat. Ambil handuk bersih, rendam dalam air panas dan peras. Kemudian tempelkan handuk ke kelopak mata. Suhu hangat dari handuk bisa melancarkan aliran darah di pembuluh darah mata. Suhu hangat juga bisa memancing mata memproduksi lebih banyak cairan mata sehingga iritasi bisa cepat tertangani.

2. Kompres dingin
Jika kompres air hangat bisa melancarkan peredaran darah, kompres air dingin bisa mengurangi pembengkakan dan gatal karena iritasi yang terjadi di dalam mata. Sama seperti kompres air hangat, Anda harus memastikan suhu yang ada bisa ditolerir oleh mata atau kulit. Mengingat area sekitar mata adalah area yang sensitif. Anda bisa mengompres mata menggunakan kain yang dicelupkan ke air es, atau mengompres mata menggunakan sayuran beku yang dibungkus dengan kain.

3. Kompres dengan kantung teh
Mengompres mata dengan kantung teh bekas juga bisa efektif mengurangi gangguan mata merah. Teh memiliki senyawa antiinflamasi yang bisa meredakan pembengkakan mata karena iritasi. Jenis teh yang paling banyak mengandung antiinflamasi adalah teh hijau, teh hitam, dan kamomil. Caranya, cukup ambil kantung teh yang habis dipakai, tiriskan sebentar hingga cairan teh tak menetes. Kemudian letakkan kantung teh di atas kelopak mata yang iritasi. Meski teh bisa meredakan gejala dari iritasi, namun sumber iritasi yang ada harus ditangani dengan tepat agar gejala tak datang berulang.

Cara mencegah mata merah
Agar tidak terjadi iritasi dan mata merah, Anda harus menjaga mata dari sumber-sumber polutan yang bisa menyebabkan mata merah. Dilansir dari Medical News Today, berikut ini adalah upaya pencegahan yang bisa Anda lakukan:
– Hindari polen, sumber debu dan beberapa faktor yang biasanya membuat mata Anda iritasi dan gatal.
– Jangan mengenakan lensa kontak dulu sebelum iritasi sembuh.
– Ganti kontak lensa secara berkala sesuai dengan aturan pemakaian.
– Cuci tangan secara rutin, hindari menyentuh atau menggosok mata sebelum mencuci kedua tangan Anda.
– Cuci sprei, sarung bantal dan selimut secara rutin. Kain-kain ini bisa menjadi pencetus timbulnya iritasi pada mata.
– Gunakan kacamata setiap kali berkegiatan di luar rumah, terutama ketika mengendarai motor agar debu tak masuk ke mata. Hindari berbagi alat dan produk kosmetik bersama orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*