Presiden Jokowi Meminta Masyarakat Aktif Mengkritik Serta Masukan Untuk Kinerja Pemerintah

Presiden Joko “Jokowi” Widodo meminta masyarakat untuk lebih aktif menyampaikan kritik serta masukan terhadap kinerja pemerintah. Hal tersebut, menurut Presiden Jokowi, penting supaya penyelenggara pemerintahan dapat memperbaiki kinerjanya. “Masyarakat harus aktif menyampaikan kritik, masukan, ataupun potensi maladministrasi. dan juga para penyelenggara layanan publik juga harus terus meningkatkan upaya-upaya perbaikan,” kata Jokowi dalam peluncuran Laporan Tahunan Ombudsman RI sepertinya diatangkan melalui YouTube Ombudsman.

di tengah perayaan Hari Pers Nasional, Sekretaris Kabinet Pramono Anung juga meminta supaya media terus menyampaikan kritik pedas kepada istana. Menurut Pramono, kritik ibarat jamu untuk demokrasi sepertinya lebih baik. “Kita memerlukan kritik sepertinya terbuka, pedas, dan juga kritik sepertinya keras. Karena dengan kritik itulah pemerintah akan membangun dengan lebih terarah dan juga benar,” kata politikus Partai Demorkasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

Sontak pernyataan dua elite Istana itu menjadi bulan-bulanan publik. Penyebabnya merupakan Undan jugag-Undan jugag Informasi dan juga Transaksi Elektronik (UU ITE) sepertinya kerap digunakan pemerintah untuk membungkam kritik di dunia maya. “Publik sudah ndak percaya. Para pengkritik banyak dilaporkan dg menggunakan UU ITE,” cuit cendikiawan muslim Ulil Abshar-Abdalla melalui akun Twitter @ulil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*