Multiplayer Online Battle Arena (MOBA)

Multiplayer Online Battle Arena (MOBA) – Arena pertempuran online multipemain (MOBA) adalah subgenre dari permainan video strategi di mana dua tim pemain bersaing satu sama lain di medan perang yang telah ditentukan sebelumnya. Setiap pemain mengontrol satu karakter dengan serangkaian kemampuan unik yang meningkat selama permainan dan yang berkontribusi pada strategi tim secara keseluruhan. Tujuan utamanya adalah agar setiap tim menghancurkan struktur utama lawan mereka, yang terletak di sudut berlawanan dari medan perang. Namun, game MOBA bisa memiliki syarat kemenangan lain, seperti mengalahkan setiap pemain yang ada di tim musuh.

Pemain dibantu oleh unit yang dikendalikan komputer yang secara berkala bertelur dalam kelompok dan berbaris maju di sepanjang jalur yang ditetapkan menuju markas musuh mereka, yang dijaga ketat oleh struktur pertahanan. Jenis permainan video online multipemain ini berasal dari subgenre dari strategi waktu nyata, meskipun pemain MOBA biasanya tidak membangun gedung atau unit. Selain itu, ada contoh game MOBA yang tidak dianggap sebagai game strategi real-time, seperti Smite (2014), dan Paragon. Genre tersebut dipandang sebagai perpaduan antara strategi real-time, role-playing, dan aksi permainan.

Karena kesuksesan Mobile Legends dalam beberapa tahun terakhir, sudah pasti MOBA masih tetap akan populer di tahun 2021. Ditambah lagi di awal tahun 2021, Riot Games kabarnya akan resmi merilis Wild Rift dalam versi versi penuh untuk mobile. Datangnya Wild Rift ke dalam pasar MOBA di Indonesia tentunya membuat gamer sangat antusias mengingat Mobile Legends seperti tak punya saingan, kecuali AOV dari Garena.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*