Strategi Pelatih Chelsea Thomas Tuchel Dapat Pujian Ronald Koeman

Strategi Pelatih Chelsea Thomas Tuchel Dapat Pujian Ronald Koeman – Strategi yang dipakai pelatih Chelsea, Thomas Tuchel, mendapat pujian dari juru taktik Barcelona, Ronald Koeman. Sejak mengambil alih kursi kepelatihan Chelsea pada 26 Januari 2021 lalu, Thomas Tuchel langsung membawa perubahan besar untuk The Blues. Hal itu dapat dilihat dari Chelsea yang sukses memenangkan Piala FA, Liga Champions musim 2020-2021, dan Piala Super Eropa 2021 setelah dilatih Thomas Tuchel. Sebelum ditangani Tuchel, Chelsea yang masih dilatih Frank Lampard sempat terseok-seok di berbagai pertandingan terutama Liga Inggiris 2020-2021.

Bahkan dalam delapan pertandingan terakhirnya untuk Chelsea di Liga Inggris, Lampard hanya mampu mempersembahkan dua. kemenangan. Akibatnya, manajemen Cheslea mengambil langkah memecat Lampard lalu menunjuk Tuchel untuk memperbaiki keadaan. Setelah ditunjuk, Tuchel tidak mengandalkan keberuntungan untuk membawa Chelsea berubah menjadi lebih bagus dari sebelumnya. Pelatih asal Jerman itu menerapkan strategi yang cocok dengan skuad Chelsea. Salah satu strategi Tuchel yang klop dengan Chelsea adalah formasi 3-5-2.

Dengan formasi itu, Tuchel memaksimalkan daya gedor The Blues sekaligus memperkuat barisan pertahanan. Keputusan Tuchel menerapkan formasi 3-5-2 di Chelsea pun menuai banyak pujian lantaran menghasilkan dua gelar untuk The Blues. Pelatih Barcelona, Ronald Koeman, adalah salah satu orang yang terkesan dengan strategi Tuchel di Chelsea. Menurut Koeman, Tuchel sukses menerapkan 3-5-2 dengan sempurna di Chelsea. Pasalnya, kata Koeman, Tuchel bisa berhasil manampilkan permainan menyerang menggunakan formasi yang sering dipakai oleh tim lain untuk bertahan itu.

Saking terkesannya, Koeman sampai menyatakan 3-5-2 yang diterapkan Tuchel di Chelsea adalah panutan untuk pelatih mana pun yang ingin menggunakan formasi tersebut. “Hasil terbaik yang didapat Barcelona tahun lalu adalah ketika memakai 3-5-2,” kata Koeman. “Kami berhasil memaksimalkan Sergio Busquets, kami memiliki beberapa penyerang yang tersedia.” ‚ÄúChelsea adalah panutan, mereka bermain dalam 3-5-2, tetapi tidak defensif,” kata Koeman menambahkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*