Manchester United 0 vs 2 Manchester City: Setan Merah Tidak Berbenah

Manchester United 0 vs 2 Manchester City: Setan Merah Tidak Berbenah – Manchester United harus mengakui kedigdayaan Manchester City pada Derbi Manchester akhir pekan ini. Pada laga pekan kesebelas Premier League 2021/2022, yang dihelat di Old Trafford, Sabtu (06/11) malam WIB, Setan Merah kalah dua gol tanpa balas. Dua gol yang bersarang ke gawang David de Gea pada laga tersebut dicetak oleh Eric Bailly (bunuh diri) dan Bernardo Silva.

Bagi United, kekalahan ini sesungguhnya tak mengejutkan. Sebelumnya, sudah ada sejumlah lampu kuning yang menjadi pertanda bahwa Setan Merah bakal kesulitan pada laga kontra City. Pertanda tersebut tampak jelas pada dua laga mereka sebelumnya, kontra Tottenham Hotspur dan Atalanta. Dalam dua laga tersebut, United menunjukkan sejumlah kelemahan, yang kembali tampak pada laga kontra City.

Pada laga kontra Manchester City, United menunjukkan bahwa mereka sangat murah hati. Skuad Ole Gunnar Solskjaer ini kerap membiarkan para pemain lawan menciptakan peluang-peluang berbahaya di lini pertahanan mereka. Dalam laga tersebut, menurut laman Whoscored, City melepas sepuluh tembakan dari dalam kotak penalti United. Nilai expected goals (xG) dari sepuluh tembakan ini, menurut laman Understat, mencapai 2,03.

Beri Peluang City
Tidak hanya murah hati memberi ruang bagi para penggawa City, para penggawa Manchester United juga banyak memberi kesempatan bagi skuad besutan Pep Guardiola ini untuk menciptakan skenario yang membahayakan gawang David de Gea. Murah hatinya para penggawa United ini tampak dari nilai xG para penggawa City yang mencapai 2,11 pada laga ini. Rata-rata, peluang City pada laga ini mencapai 0,13.

Pertahanan United Beruntung
Pada laga ini, pertahanan United bisa dibilang beruntung. Dari data statistik yang ada, gawang mereka bisa jadi kebobolan lebih dari dua gol pada laga tersebut. Dalam pertandingan ini, ada tujuh peluang City yang melenceng dari sasaran, termasuk dua yang menghantam tiang gawang. Nilai xG dari tujuh peluang tersebut mencapai 0,94. Selain itu, United juga beruntung memiliki sosok David de Gea di bawah mistar gawang mereka. Kiper asal Spanyol ini sukses melakukan lima penyelamatan pada laga tersebut. Lima peluang City yang diselamatkan De Gea ini memiliki nilai xG sebesar 0,29.

Lemah Ciptakan Peluang
Pada laga ini, United juga masih lemah dalam menciptakan peluang. Menurut catatan Whoscored, pada laga ini mereka hanya mampu melepas lima tembakan ke gawang. Secara kualitas, lima peluang United ini pun tak terlalu membahayakan pertahanan City. Menurut laman Understat, lima peluang ini memiliki memiliki nilai xG sebesar 0,75.

Tumpul Manfaatkan Peluang
Tidak hanya irit menciptakan peluang, Setan Merah pun lemah dalam memanfaatkan peluang mereka. Dari lima peluang yang dimiliki hanya satu peluang Setan Merah yang mengarah ke gawang City. Satu-satunya tembakan on target United pada laga ini dimiliki Cristiano Ronaldo pada menit 25. Nilai xG peluang ini ditaksir sebesar 0,08. Sementara itu, tiga peluang United lain melenceng dari sasaran. Salah satu peluang yang melenceng ini memiliki nilai xG sebesar 0,53. Peluang Mason Greenwood pada menit 25 tersebut merupakan peluang dengan kualitas paling tinggi pada laga ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*