Kedatangan Lionel Messi, Liga Prancis Justru Kini Turun Kasta

Kedatangan Lionel Messi, Liga Prancis Justru Kini Turun Kasta – Kedatangan Lionel Messi ke Paris Saint-Germain tidak bisa menghentikan Liga Prancis untuk turun kasta. Lionel Messi kini tidak lagi bermain di lima liga teratas di Benua Eropa. Peringkat baru yang dirilis oleh UEFA memastikan bahwa Liga Prancis justru turun peringkat. Dilansir dari UEFA, Liga Prancis saat ini berada di peringkat keenam di Benua Eropa. Peringkat kelima yang sebelumnya milik mereka kini sudah diambil alih oleh Liga Portugal.

Bagi Messi, ini merupakan kali pertama dia bermain di luar liga dengan peringkat lima besar. Selama 17 tahun terakhir, Messi hanya pernah membela Barcelona. Dalam kurun waktu tersebut, Liga Spanyol tidak pernah keluar dari peringkat lima besar di tabel koefisien Eropa. Daftar ini disusun berdasarkan performa klub wakil negara bersangkutan di kompetisi antarklub Eropa lima musim terakhir. Liga Spanyol memang memiliki sejarah lebih baik di kompetisi Benua Eropa. Tim-tim dari liga tersebut bergantian menjadi juara, baik di Liga Champions maupun Liga Europa. Sementara Liga Prancis belum berhasil mencapai konsistensi ini.

Paris Saint-Germain saat ini memang sudah dihuni beberapa pemain bintang. Selain Messi, ada juga Sergio Ramos, Neymar, Kylian Mbappe, dan Angel Di Maria. Namun, dalam hal kejuaraan Eropa, PSG masih belum banyak bicara. Hal serupa terjadi kepada wakil Liga Prancis lain di kompetisi Benua Biru. Itulah mengapa peringkat Liga Prancis belum terkatrol dan justru menurun. Kehadiran Messi di PSG musim ini bisa menjadi harapan akan naiknya pamor Liga Prancis di kemudian hari. Sistem peringkat menurut koefisien tersebut penting dalam menentukan jumlah wakil setiap negara di Liga Champions, Liga Europa, dan Liga Conference. Empat liga domestik teratas berhak mengirim empat wakil langsung ke fase grup Liga Champions, sedangkan peringkat 5-6 hanya tiga klub.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*