Akibat Piala Afrika Diundur Liverpool Akan Kehilangan 3 Pemain, Termasuk Mohamed Salah dan Sadio Mane!

Akibat Piala Afrika Diundur Liverpool Akan Kehilangan 3 Pemain, Termasuk Mohamed Salah dan Sadio Mane! – Liverpool akan kehilangan tiga pemain termasuk Mohamed Salah dan Sadio Mane sebagai akibat dari pengunduran gelaran Piala Afrika 2021. Turnamen terbesar Benua Afrika alias Piala Afrika 2021 resmi mengalami pengunduran jadwal. Semula Piala Afrika 2021 digelar bersamaan dengan penyelenggaraan EURO 2020. Namun, akibat adanya pandemi COVID-19, turnamen terpaksa mundur dari jadwal apalagi tuan rumah Kamerun juga telah meminta pertandingan digeser pada musim dingin.

Tercatat sejak 1960, Piala Afrika sudah selalu digelar pada musim dingin atau awal musim semi. Pertimbangan cuaca menjadi hal yang utama, selain untuk menghindari bentrok dengan turnamen internasional atau klub lainnya. Hal itu juga didasari dari permintaan tuan rumah Kamerun. Tidak diragukan lagi venue Piala Afrika akan berlangsung pada 9 Januari hingga 6 Februari 2022. Liga Inggris menjadi kompetisi yang paling dirugikan dari mundurnya jadwal Piala Afrika ini.

Pasalnya, Liga Inggris adalah satu-satunya kompetisi elite di Eropa yang tidak menjalani libur musim dingin. Premier League tetap mengadakan pertandingan dengan pertandingan bertajuk boxing day di saat kompetisi lainnya seperti Italia, Spanyol, Jerman, dan Prancis, meliburkan kompetisi.
Menurut aturan FIFA dari yang dipegang oleh Federasi Sepak Bola Afrika (CAF), para pemain yang membela timnas wajib bergabung selambat-lambatnya Senin pagi ketika kompetisi final yang relevan dimulai.

Jika mengacu pada aturan tersebut, maka para pemain Afrika di Liga Inggris yang dipanggil timnas harus meninggalkan klub sejak Senin (27/12/2021).
Itu adalah waktu satu hari setelah berlangsungnya boxing day yang dimainkan pada 26 Desember 2021. Melihat sebagian besar tim di Piala Afrika baru bermain pada 10-12 Januari maka tim-tim di Liga Inggris berupaya meminta dispensasi jadwal. Liverpool menjadi salah satu klub yang cukup banyak kehilangan pemainnya akibat Piala Afrika 2021.

Liverpool akan melepas tiga pemain yakni Mohamed Salah, Sadio Mane, dan Naby Keita. Mohamed Salah membela timnas Mesir, Sadio Mane bersama timnas Senegal, dan Naby Keita memperkuat Guinea. Mo Salah dan Mane adalah dua mesin gol utama Liverpool musim ini. Di Liga Inggris, Mo Salah sudah menyumbang 7 gol dari 8 penampilan, sementara itu Mane mendulang 5 gol dari 8 pertandingan. Jika negosiasi untuk mendapat dispensasi gagal, maka Liverpool bakal kehilangan kedua pemain itu termasuk Keita selepas boxing day. Pasalnya,pertandingan berat akan dijalani The Reds di awal Januari 2022 dengan melawan Chelsea di Stamford Bridge pada 2 Januari 2022.

Adapun Senegal dan Guinea, negara yang dibela Mane dan Keita, akan bertanding pada 10 Januari 2022. Sementara itu, Mesir, negara asal Mo Salah baru memainkan pertandingan pada 11 Januari 2022. Dengan demikian, ketiga pemain Liverpool tersebut akan melewatkan setidaknya delapan pertandingan jika pergi sejak 27 Desember 2021. Di Liga Inggris, Watford jadi klub yang paling dirugikan akibat penyelenggaraan Piala Afrika karena kehilangan lima penggawa. Lalu, disusul Crystal Palace dan Arsenal yang kehilangan empat pemain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*