Thailand Buka 3 Pulau Lagi Demi Tarik Turis di Masa Pandemi Covid-19

Thailand Buka 3 Pulau Lagi Demi Tarik Turis di Masa Pandemi Covid-19 – Bangkok: Thailand membuka tiga pulau lagi untuk turis asing yang sudah divaksinasi pada Kamis, 15 Juli 2021. Padahal, pandemi covid-19 yang mayoritas adalah varian Delta tengah melonjak di Negeri Gajah Putih. Ketiga pulau itu adalah Samui, Tao, dan Phangan akan menyambut kembali para turis -yang merupakan pendapatan utama pulau tersebut. Diharapkan kedatangan para turis bisa menghidupkan kembali industri pariwisata di negara tersebut.

Thailand meluncurkan skema ‘kotak pasir’ pada 1 Juli, memungkinkan pelancong yang sudah divaksinasi mengunjungi Pulau Phuket. Turis tidak harus dikarantina di hotel, namun mereka tidak bisa meninggalkan Phuket selama dua pekan. Wisatawan harus menginap di hotal yang disetujui di Samui selama sepekan. Mereka dapat meninggalkan akomodasi pada hari keempat.

Turis harus menunjukkan tes covid-19 negatif sebelum diizinkan pergi ke Tao atau Phangan setelah pekan pertama mereka tiba di negara itu. Phuket sendiri telah menerima lima ribu turis asing sejak dibuka kembali. Sebanyak 10 diantaranya dinyatakan positif covid-19. Pihak berwenang tidak mengharapkan arus besar wisatawan untuk ke Samui dan dua pulau lainnya. Presiden Asosiasi Pariwisata Koh Samui Ratchaporn Poolsawadee menggambarkan skema ‘Samui Plus’ sebagai pembukaan awal.

Menurutnya, 75 persen penduduk di tiga pulau itu sudah divaksinasi. “Diharapkan kedatangan akan meningkat setelah wisatawan mempelajari aturan dan regulasi. Dan kemudian, beberapa aturan serta regulasi dapat diubah,” katanya. Pariwisata merupakan seperlima dari pendapatan nasional Thailand. Bangkok mengalami penurunan ekonomi terburuk sejak krisis keuangan Asia 1997 karena pandemi.

Bangkok dan sembilan provinsi lainnya di Thailand masih berada di bawah pembatasan yang diperketat akibat merebaknya varian Delta. Jam malam dan larangan pertemuan lebih dari lima orang harus dipatuhi masyarakat. Per hari ini, Thailand mencatat 9.200 kasus baru infeksi covid-19. Sementara itu, mereka mencatat angka kematian harian tertinggi, yakni sebanyak 98 kasus virus korona.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*