Tenggelamnya KRI Nanggala Mengejutkan Dunia

Tenggelamnya KRI Nanggala Mengejutkan Dunia – Dunia dikejutkan dengan kabar hilangnya kapal selam KRI Nanggala-402 saat mengikuti latihan tempur di perairan utara Pulau Bali, Rabu (21/4/2021). KRI Nanggala-402 merupakan satu dari lima kapal selam yang dioperasikan TNI AL dalam jajaran Satuan Kapal Selam atau lazim disebut Korps Hiu Kencana. Kapal selam KRI Nanggala-402 buatan tahun 1952 saat latihan Pratugas Satgas Operasi Pengamanan Perbatasan (Pamtas) Maphilindo 2017 di Laut Jawa, Jumat (20/1/2017).

Proses pencarian KRI Nanggala-402 membuahkan hasil, dengan diperoleh citra yang telah dikonfirmasi sebagai bagian dari kapal selam tersebut. Setelah ditemukannya sejumlah serpihan kapal, KRI Nanggala-402 dinyatakan tenggelam pada Sabtu (24/4/2021). Tenggelamnya kapal selam ini disebut dengan istilah subsunk. Panglima TNI Hadi Tjahjanto mengatakan bahwa bukti kuat yang mengindikasi tenggelamnya KRI Nanggala-402 adalah adanya tumpahan minyak dan sejumlah bukti otentik.

“Pagi dini hari tadi merupakan batas akhir live support berupa ketersediaan oksigen di KRI Nanggala 402 selama 72 jam. Unsur-unsur TNI AL telah menemukan tumpahan minyak dan serpihan yang menjadi bukti otentik menuju fase tenggelamnya KRI Nanggala,” katanya dalam konferensi pers, Sabtu. Ini Asal Usulnya Hal ini diiringi dengan diumumkan status KRI Nanggala 402 sebagai “On Eternal Patrol”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*