Macam-macam Jenis Visa

Macam-macam Jenis Visa – Visa adalah dokumen yang bisa menjadi alat bukti diizinkannya seseorang memasuki suatu negara. Jika paspor dibuat oleh negara tempat warga negara tinggal, visa dibuat oleh negara yang akan didatangi oleh warga negara asing. Bentuk dari visa beragam, tergantung dari negara masing-masing. Dilansir dari indonesia.go.id, visa ada yang berbentuk soft file, tempelan stiker pada paspor, juga ada yang berbentuk stempel.

Tidak semua negara mewajibkan warga negara asing membawa visa untuk masuk ke negara mereka. Negara yang berlabel “bebas visa” memungkinkan seluruh WNA untuk bisa masuk ke wilayahnya hanya dengan membawa paspor dan beberapa dokumen penunjang lain. Visa sendiri ada banyak ragamnya. Macam-macam jenis visa ini disesuaikan dengan kebutuhan dan kepentingan WNA masuk ke wilayah negara asing. Jenis-jenis visa Berikut ini adalah jenis-jenis visa beserta fungsinya:

1. Visa diplomatik
Visa ini diberikan kepada orang asing, termasuk keluarganya, yang memegang paspor diplomatik untuk masuk ke wilayah Indonesia guna menjalankan tugas-tugas yang sifatnya diplomatik.

2. Visa dinas
Visa ini diberikan kepada orang asing pemegang paspor dinas dan jenis paspor lain, untuk bisa masuk ke Indonesia dalam rangka melaksanakan tugas resmi yang sifatnya bukan tugas diplomatik dari pemerintah asing yang bersangkutan atau organisasi internasional. Sama seperti visa diplomatik, visa dinas juga diberikan kepada orang yang melaksanakan tugas pekerjaan beserta keluarganya. Visa diplomatik dan visa dinas merupakan kewenangan Menteri Luar Negeri dan dikeluarkan oleh pejabat yang berdinas di Perwakilan Republik Indonesia.

3. Visa tinggal terbatas
Visa ini dikeluarkan untuk mereka yang memasuki wilayah negara asing untuk keperluan yang hanya memerlukan waktu singkat atau terbatas. Visa tinggal terbatas biasanya diberikan kepada pekerja, peneliti, orang yang kawin sah dengan WNI, atau mereka yang bergabung untuk bekerja di atas kapal, alat apung, atau instalasi yang berada di perairan nusantara. Visa tinggal terbatas diberikan dengan bermacam-macam jangka waktu. Mulai dari 30 hari hingga maksimal 2 tahun. Tapi ada pula visa tinggal terbatas “rumah kedua”, yaitu visa yang diberikan kepada orang asing beserta keluarganya untuk menetap di Indonesia selama 5 atau 10 tahun dengan memenuhi persyaratan tertentu.

4. Visa kunjungan
Visa kunjungan adalah visa yang diberikan kepada orang asing yang akan melakukan perjalanan memasuki wilayah negara lain dengan tujuan pendidikan seperti visa belajar dan visa pertukaran pelajar, atau tujuan wisata, budaya, bisnis, jurnalistik, singgah sementara untuk kemudian meneruskan perjalanan ke negara lain, dan urusan keluarga. Visa kunjungan dibedakan lagi menjadi beberapa jenis. Yaitu visa kunjungan satu kali perjalanan, visa kunjungan beberapa kali perjalanan, dan visa kunjungan saat kedatangan atau visa on arrival.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*