Ini 6 Penyebab Kolesterol Tinggi

Ini 6 Penyebab Kolesterol Tinggi – Kolesterol adalah zat lilin yang ditemukan dalam tubuh dan produk hewani seperti daging, telur, dan susu. Kolesterol muncul di setiap sel tubuh dan memiliki fungsi alami yang penting dalam hal mencerna makanan, memproduksi hormon, dan menghasilkan vitamin D. Selain diproduksi oleh tubuh, kolesterol juga muncul akibat dari makanan. Pada tingkat normal, itu adalah zat penting bagi tubuh.

Namun, jika konsentrasi dalam darah menjadi terlalu tinggi, kolesterol menjadi bahaya yang bisa menempatkan orang pada risiko serangan jantung. Penyebab kolesterol tinggi Kolesterol dibawa melalui darah dan melekat pada protein. Kombinasi protein dan kolesterol ini disebut lipoprotein. Berikut faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko kadar kolesterol tidak sehat, dikutip dari Mayoclinic:

Diet buruk
Ada sejumlah makanan penambah berat badan yang baik dikonsumsi. Ketika mencari cara menaikkan berat badan, makan lebih banyak adalah salah satu usaha yang dapat dilakukan. Makan terlalu banyak lemak jenuh atau lemak trans dapat menyebabkan kadar kolesterol yang tidak sehat. Lemak jenuh ditemukan dalam potongan daging berlemak dan produk susu penuh lemak. Sementara, lemak trans sering ditemukan dalam makanan ringan kemasan atau makanan penutup.

Kegemukan
Tanda obesitas paling mudah dikenali dengan mencari tahu apakah BMI kita masih di kisaran sehat atau tidak. Memiliki indeks massa tubuh (BMI) 30 atau lebih besar menempatkan Anda pada risiko kolesterol tinggi.

Kurang olahraga
Untuk penderita diabetes yang ingin menurunkan gula darah tinggi, lakukan olahraga yang tidak terlalu memforsir tubuh. Olahraga merupakan aktvitas yang dapat membantu meningkatkan kolesterol baik di tubuh Anda.

Merokok
Merokok juga dapat menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh.

Alkohol
Kebiasaan minum alkohol yang bisa menjadi faktor risiko penyebab abses paru-paru. Minum terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan kadar kolesterol total Anda.

Usia
Meski kolesterol sering terjadi pada usia di atas 40 tahun, anak-anak kecil juga dapat memiliki kolesterol tidak sehat. Seiring bertambahnya usia, hati akan menjadi kurang mampu menghilangkan kolesterol.

Selain 6 faktor di atas, kadar kolesterol juga dapat diperburuk oleh baerbagai jenis obat yang mungkin Anda konsumsi untuk masalah kesehatan lainnya, seperti jerawat, kanker, tekanan darah tinggi, HIV/AIDS, irama jantung tidak teratur, dan transplantasi organ. Gejala dan pencegahan Seseorang dengan kadar kolesterol tinggi seringkali tidak memiliki tanda atau gejala. Akan tetapi, pemeriksaan rutin dan tes darah rutin dapat membantu mendeteksi kadar kolesterol tinggi.

Seseorang yang tidak menjalani tes mungkin mengalami serangan jantung tanpa peringatan, karena mereka tidak tahu bahwa mereka memiliki kadar kolesterol tinggi. Artinya, tes rutin dapat membantu mengurangi risiko ini. Orang yang ingin mengurangi kadar kolesterol mereka atau mempertahankan tingkat yang sesuai dapat membuat empat keputusan gaya hidup utama. Keempatnya adalah makan makanan yang menyehatkan jantung, olahraga teratur, menghindari rokok, dan mempertahankan berat badan yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*