Cara Mengatasi Efek Samping Vaksin Covid-19

Cara Mengatasi Efek Samping Vaksin Covid-19 – Program vaksinasi massal Covid-19 terus digenjot pemerintah. Hal itu dilakukan guna menekan penyebaran virus corona. Sebagian orang yang telah menerima vaksin Covid-19 mengaku merasakan efek samping tertentu pasca-disuntik vaksin. Efek samping yang dirasakan mulai dari merasa tidak enak badan, demam, nyeri di bekas suntikan, hingga mual. Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, efek samping semacam itu masih tergolong wajar.

“Itu efek samping yang mungkin timbul dan itu wajar,” kata Nadia. Cara mengatasi Menurut Nadia, masyarakat yang mengalami efek samping tertentu pasca-disuntik vaksin, diperbolehkan mengonsumsi obat-obatan yang sesuai dengan keluhan yang dirasakan. “Bisa minum obat penurun panas atau antimual,” kata Nadia. Namun, apabila seiring berjalannya waktu efek samping yang dialami justru dirasakan semakin berat, maka Nadia menyarankan masyarakat untuk segera menghubungi fasilitas layanan kesehatan terdekat.

“Kalau (efek samping) bertambah berat, segera ke Puskesmas atau ke Rumah Sakit,” kata Nadia. Efek samping vaksin Covid-19. Ketua Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca-Imunisasi (Komnas KIPI) Hindra Irawan Satari mengatakan, mengonsumsi obat setelah vaksinasi tidak akan memengaruhi efektivitas vaksin. “Tidak memengaruhi. Untuk mengantisipasi KIPI, penerima vaksin pastikan dalam keadaan sehat dan percaya bahwa vaksin ini aman dan memberikan cukup perlindungan,” kata Hindra.Sementara itu, berdasarkan pantauan Komnas KIPI, terdapat sejumlah reaksi umum atau efek samping pasca-vaksinasi yang perlu diketahui, yakni:

Nyeri atau kemerahan di sekitar tempat suntikan Demam ringan Kelelahan Saki kepala Nyeri otot atau sendi Gatal Mual Mengantuk Lemas Menurut Hindra, efek samping vaksin tersebut hanya berlangsung kurang dari seminggu. Jika efek samping tersebut masih dirasakan setelah lebih dari seminggu, Hindra mengimbau masyarakat untuk segera menghubungi fasilitas layanan kesehatan. Pasien Covid-19 Penyebab timbulnya efek samping, David J. Cennimo, dokter penyakit menular dan asisten profesor di Sekolah Kedokteran Rutgers New Jersey, Amerika Serikat, menjelaskan alasan bisa muncul efek samping setelah disuntik vaksin Covid-19.

Cennimo mengatakan, efek samping yang dirasakan oleh penerima vaksin adalah tanda-tanda pengenalan yang tepat dan reaksi kekebalan terhadap vaksin. Efek samping itu menunjukkan bahwa vaksin yang diuntikkan sedang bekerja. Vaksin tersebut mengajarkan sistem kekebalan tubuh tentang cara mengenali dan menyerang virus corona SARS-CoV-2 penyebab Covid-19, jika virus itu masuk ke dalam tubuh. Meskipun beberapa efek samping vaksin mirip dengan gejala infeksi Covid-19, namun dipastikan vaksin tersebut tidak akan menginfeksi hingga membuat kita terular.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*