5 Manfaat Daun Binahong Hijau Bagi Kesehatan, Cegah Kanker & Atasi Masalah Otak

5 Manfaat Daun Binahong Hijau Bagi Kesehatan, Cegah Kanker & Atasi Masalah Otak – Terdapat beragam manfaat daun binahong hijau bagi kesehatan tubuh. Daun binahong merupakan tanaman obat yang biasanya tumbuh di dataran rendah maupun tinggi. Daun yang berasal dari tanaman binahong ini memiliki sejumlah khasiat dalam menyembuhkan berbagai macam penyakit. Baik itu penyakit ringan maupun berat.

Tidak heran, daun binahong hijau dikenal sebagai salah satu tanaman untuk obat herbal. Khususnya daunnya yang telah digunakan sebagai obat tradisional oleh masyarakat sejak zaman dulu. Eksistensinya pun tidak meredup meski sudah ada banyak obat-obatan yang lebih modern. Lantas apa saja manfaat daun binahong hijau bagi kesehatan tubuh?

Mencegah Penyakit Kanker
Manfaat daun binahong hijau yang pertama adalah mampu membantu mencegah terkena penyakit kanker. Penyakit kanker terjadi saat ada pertumbuhan sel yang tidak normal dalam tubuh. Siapa sangka, kalian bisa memanfaatkan daun binahong. Tanaman yang mudah tumbuh di wilayah Indonesia ini bisa dimanfaatkan sebagai bentuk pencegahan terhadap berbagai jenis kanker. Hal ini lantaran daun binahong memiliki kandungan antioksidan pigmen karotenoid esensial yang tinggi. Mulai dari betakaroten, zeaxanthin hingga lutein. Kandungan antioksidan dalam daun binahong ini lah yang terbukti efektif mencegah terjadinya penyakit kanker. Cara menggunakan daun binahong hijau cukup mudah. Kalian bisa mengonsumsinya dengan merebus daun binahong, kemudian meminum airnya sebanyak 3 kali sehari.

Mencegah Diabetes
Penyakit diabetes muncul dipicu oleh tingginay kadar glukosa dalam darah. Selain mengatur pola makan, kalian bisa mengambil manfaat daun binahong sebagai pilihan pencegahan. Daun binahong diketahui mengandung senyawa alkaloid yang mempunyai sifat hipoglikemik. Selain itu juga dikenal memiliki khasiat menurunkan kadar gula darah secara optimal. Bahkan membantu menjaga gula darah tetap stabil pada penderita diabetes mellitus. Cara menggunakan daun binahong hijau cukup mudah. Kalian hanya perlu mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin.

Mengobati Luka Bakar
Untuk informasi, kunci dari proses penyembuhan luka bakar yaitu adanya pembentukan kolagen. Kolagen sendiri merupakan protein dalam jaringan tubuh manusia, termasuk pada kulit. Siapa sangka, saat ekstrak daun binahong digunakan, luka bakar nantinya akan mengalami proses penyembuhan yang cepat. Bahkan dikatakan lebih baik dibanding tidak menggunakan daun binahong.

Mengatasi Masalah Otak
Manfaat daun binahong hijau yang berikutnya adalah membantu mengatasi masalah pada otak. Tahukah kalian, permasalahan otak dapat menyerang anak-anak hingga dewasa. Penyebabnya pun beragam, mulai dari bakteri, virus, asupan makanan hingga benturan yang terlalu keras. Untuk mengatasi permasalahan otak, kalian bisa menggunakan daun binahong. Meski begitu, tidak semua jenis penyakit otak bisa diatasi dengan daun binahong tersebut. Masalah otak yang disebabkan oleh benturan keras, menjadi salah satu permasalahan yang bisa diatasi dengan daun binahong. Cara menggunakan daun binahong hijau cukup mudah. Kalian hanya perlu mengonsumsi air rebusan daun binahong secara rutin.

Menangkal Radikal Bebas
Serangan ini nantinya akan menyebabkan terjadi kerusakan sel, protein hingga DNA. Daun binahong hijau diketahui telah pasti dan teruji mampu menangkal radikal bebas. Hal ini karena daun binahong hijau memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Hasil penelitian oleh W. Selama, menunjukkan bahwa ekstrak etanol daun Binahong mempunyai total flavonoid 11.266 mg (segar) dan 7.687 mg (kering). Dihitung per kilogram daun binahong hijau dari yang masih segar dan yang sudah dikeringkan. Ekstrak etanol Binahong diketahui memiliki antioksidan total 4,25 mmol/ 100 gram (segar) dan 3,68 mmol/ 100 gram (kering).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*