5 Fakta Kebakaran Tangki Kilang Pertamina Cilacap

5 Fakta Kebakaran Tangki Kilang Pertamina Cilacap – Kebakaran terjadi di area PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Cilacap, Jawa Tengah pada Sabtu (13/11/2021) malam. Kejadian terjadi sekitar pukul 19.20 WIB pada salah satu tangki kilang PT KPI Cilacap yang berisi produk Pertalite. Berikut fakta-fakta kebakaran tangki kilang Pertamina Cilacap:

1. Waktu kejadian hujan lebat disertai petir
Dilaporkan, peristiwa kebakaran mulai sekitar pukul 19.20 WIB. Peristiwa kebakaran terjadi saat daerah Kota Cilacap dan sekitarnya diguyur hujan lebat, bahkan disertai petir. “Informasi dari warga dan teman-teman di kilang, sebelum kejadian memang hujan deras dan juga petir cukup besar,” ujar Direktur PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Djoko Priyono, Sabtu (13/11/2021). Namun, sejauh ini belum diketahui secara pasti penyebab terjadinya kebakaran.

2. Tangki berisi Pertalite yang terbakar
Corporate Secretary PT Kilang Pertamina Internasional Ifki Sukarya menyampaikan, kebakaran hanya terjadi pada salah satu tangki. Tangki yang mengalami kebakaran berisi produk Pertalite. “(Kebarakan) terjadi di satu buah tangki berisi produk Pertalite,” kata Ifki. Meskipun begitu, perusahaan memastikan pasokan bahan bakar minyak (BBM) dan elpiji untuk masyarakat tetap dalam kondisi aman dan tidak mengalami gangguan.

3. Proses pemadaman kilang yang terbakar
Pemadaman tangki yang terbakar ini dilakukan selama tiga jam. Djoko menyampaikan, pemadaman api dilakukan dengan metode offensive fire fighting, menggunakan kapasitas air 9.000 galon per menit. Bahan pemadamannya merupakan campuran air dan foam (busa). Pemadaman dilanjutkan dengan metode pendinginan sampai normal, memastikan titik api telah benar-benar padam. “Dilanjutkan cooling hingga pagi hari sampai normal, supaya tidak ada lagi titik api yang menyala,” papar Djoko. Sementara itu, tangki di sekitar titik kebakaran dilakukan pendinginan dengan water sprinkle untuk mencegah rambatan api.

4. 80 warga dievakuasi
Perusahaan memastikan keamanan warga di sekitar tangki yang terbakar dengan melakukan evakuasi. Pemerintah daerah telah menyiapkan kurang lebih lima lokasi yang dijadikan titik evakuasi. Evakuasi dibantu pihak berwajib, dengan mengosongkan wilayah pemukiman di sekitar lokasi tangki minyak yang terbakar. Hingga Sabtu malam, sebanyak 80 warga diungsikan ke kelurahan dan masjid. Warga di sekitar lokasi telah diimbau agar tidak mendekat ke area tangki yang terbakar. B

5. Pengamanan lokasi kebakaran Upaya penjagaan area kebakaran dilakukan berkoordinasi dengan TNI dan Polri. Jalan masuk ke sekitar kilang Pertamina ditutup dan akses warga dibatasi. Lokasi kilang minyak Pertamina di Cilacap ini berjarak cukup dekat atau hanya dibatasi tembok dengan pemukiman warga, dan titik tangki yang terbakar berjarak sekitar 500 meter dari rumah-rumah warga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*