4 Penyebab Tanaman Hias Gagal Berbunga, Ini Solusinya!

4 Penyebab Tanaman Hias Gagal Berbunga, Ini Solusinya! – Tanaman hias ditanam karena bisa memperindah rumah entah dengan hijau daunnya atau dengan bunga warna-warninya yang merekah wangi. Namun sayang, beberapa tanaman hias yang ditanam karena dinanti bunganya, bisa terus hidup tapi tidak mengeluarkan sekuntum bunga sama sekali. Tanaman yang menolak berbunga ini tentu saja memiliki berbagai macam masalah yang melatar belakanginya.

Bisa karena media tanam yang kurang bagus, usia tanaman yang memang tidak lagi bisa memproduksi bunga atau malah terlalu muda untuk memproduksi bunga, dan masih banyak lagi. Jika Anda sudah menemukan penyebabnya, barulah Anda bisa mencari solusinya. Penyebab tanaman tidak berbunga Ada banyak hal yang bisa menyebabkan tanaman hias tidak berbunga. Berikut ini beberapa faktor penyebabnya:

1. Usia tanaman Tanaman baru akan mengeluarkan kuncup bunga
jika usianya sudah dewasa. Jadi ada batas usia tertentu bagi tanaman untuk mulai memproduksi kuncup-kuncup bunga. Jadi ketika tanaman hias Anda belum terlihat mengeluarkan kuncup bunga, jangan khawatir, bisa jadi tanaman memang masih berusia terlalu muda. Rata-rata, tanaman akan mengeluarkan kuncup bunga jika sudah menginjak usia dua hingga tiga tahun. Selain faktor usia, tanaman tertentu juga hanya berbunga sekali dalam setahun. Seperti tanaman buah-buahan misalnya.

2. Faktor lingkungan
Letakkan tanaman di sudut yang terkena cahaya matahari agar tanaman lekas berbunga.(Unsplash/Jasmin Schreiber) Jika tanaman tak kunjung berbunga, bisa jadi Anda salah dalam menempatkan tanaman di dalam sudut yang terlalu teduh atau justru terlalu terang. Karena untuk berbunga dan berbuah, beberapa tanaman sangat tergantung pada sinar matahari. Dan beberapa tanaman lain, seperti kastuba, justru bisa berbunga jika diletakkan di tempat yang gelap dan terhindar dari sinar matahari.

3. Cuaca Suhu juga bisa mempengaruhi proses keluarnya kuncup bunga dari beberapa tanaman. Dalam kasus yang sering terjadi, tanaman gagal berbunga karena dipengaruhi oleh suhu yang terlalu dingin, kelembaban yang terlalu tinggi, dan angin yang terlalu kencang. Faktor cuaca memang bisa mempengaruhi tanaman bisa berbunga atau tidak. Ketika cuaca sangat buruk, maka hujan dan angin akan menghalangi lebah datang untuk membantu proses penyerbukan. Imbasnya, tanaman akan gagal berbunga.

4. Kurang nutrisi Agar tanaman bisa berbunga lebat, media tanam atau tanah harus lengkap nutrisinya. Jika jika tanaman tidak berbunga, bisa jadi tanah kekurangan nutrisi atau kebanyakan nitrogen. Cara membuat tanaman lekas berbunga Faktor usia tanaman tidak bisa diganggu gugat. Namun kita bisa mengusahakan tanaman hias berbunga dengan mencermati faktor lain. Jika jenis tanaman adalah pohon yang membutuhkan banyak sinar matahari untuk bertumbuh kembang, maka pindah peletakan tanaman di sudut yang lebih sering tersiram matahari.

Jaga nutrisi dari tanah tempat tanaman hias tumbuh agar tanaman lekas berbunga. Dan jika tanah kebanyakan nitrogen sehingga membuat tanaman tidak bisa berkembang sempurna, maka larutkan nitrogen dengan merendam tanaman dalam air. Kemudian beri pupuk sehingga media tanam kaya fosforus. Terakhir, jika cuaca sangat buruk sehingga tak ada serangga yang datang membantu penyerbukan, Anda bisa membantu tanaman dengan melakukan penyerbukan manual. Anda juga bisa memindah tanaman ke sudut rumah yang tidak terlalu tersiram hujan lebat dan terkena angin kencang. Sehingga kuncup yang sudah keluar tak akan rusak dan patah karena cuaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*